Tuesday, March 13, 2012

Daun (Folium)


Daun sebagai alat perangkap cahaya untuk fotosintesis dan ukuran yang bervariasi. Keseluruhan daun pada tanaman disebut phyllom, namun phyllom dapat bervariasi baik dalam struktur eksternal dan internal maupun dalam fungsinya. Berdasarkan variasi tersebut maka phyllom dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Daun hijau (Organ utama yang melakukan fotosintesis), katafil (sisik pada tunas atau kuncup batang di bawah tanah dan berfungi sebagai pelindung atau tempat penyimpanan cadangan makanan), profil (daun pertama) pada cabang lateral, hipsofil (daun pelindung pada bunga dan berfungsi sebagai pelindung, kadang-kadang hipsofil berwarna cerah dan fungsinya sama dengan daun mahkota), kotiledon (Daun pertama pada tumbuhan).

MORFOLOGI DAUN
  • Lembaran daun yang melekat pada batang karena adanya tangkai daun (petiole), atau ada pula daun yang tidak bertangkai (daun sesil). 
  • Bentuk dan ukuran dau berbiji sangat bervariasi, ada yang berbentuk tunggal, ada yang majemuk, bergantung pada jumlah anak daun yang muncul pada tangkainya. 
  • Pada daun majemuk, ibu tangkai daun disebut sumbu daun (rakis). 
  • Jika anak daun muncul  di sisi lateral dari rakis disebut daun majemuk bersirip. Jika anak daun muncul di ujung rakis yang amat pendek disebut daun majemuk menjari 
  • Daun dapat terdiri dari pelepah tangkai dan helaian daun (daun sempurna) dan ada daun yang tidak memiliki salah satu bagian dari daun sempurna (daun tidak sempurna). 
  • Adapula bangunan seperti helaian daun, tetapi sebenarnya terdiri dari tangkai daun yang memipih (misalnya: Acacia) disebut filodia atau batangnya memipih dan seperti daun disebut filoklades (misalnya: Asparagus, Opuntia sp, Muehlenbeckia platyclados).

No comments:

Post a Comment

Welcome to my ecek ecek blog

Selamat membaca...